Informasi Seputar Hobi

Informasi seputar hobi yang kalian lakukan

5 Hal Penting Persiapan Touring

5 Hal penting persiapan touring yang harus dilakukan

1. Persiapkan kondisi motor anda

motor touring

Dikarenakan akan menempuh jarak jauh dan mungkin di dalam perjalanan sangat jarang bertemu dengan bengkel jika terjadi sesuatu dengan kondisi motor, jadi sangat disarankan untuk mempersiapkan kondisi motor anda terlebih dahulu. Hal hal yang perlu dilakukan dalam persiapan touring adalah :

  • Service rutin : lakukan service rutin dengan mengecek kondisi oli dan membersihkan karburator, lebih baik mengganti oli terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh.
  • Cek kondisi Aki dan kelistrikan: lakukan pengecekan kondisi aki dan kelistrikan motor, hal ini sangat penting terutama jika perjalanan pada malam hari. Periksa semua lampu dan klakson dalam keadaan masih layak digunakan.
  • Cek kondisi Ban : lakukan pengecekan kondisi Ban, Cek ketebalan ban apakah masih layak untuk digunakan pada jarak jauh, disarankan menggunakan ban tubeless untuk mencegah kebocoran di tengah jalan.
  • Cek kondisi Rantai : Dalam kondisi jarak jauh sangat diperlukan kondisi rantai yang prima, maka dari itu cek kondisi rantai, lumasin rantai dengan pelumas khusus dan ganti rantai jika kondisi sudah tidak layak atau sudah kendur.

2. Persiapkan Fisik Anda

Setelah kondisi kendaraan dalam keadaan prima, kondisi fisik juga harus dalam keadaan prima dikarenakan akan menempuh perjalanan yang jauh. Jaga kondisi badan jangan sampai kelelahan sebelum melakukan Touring dan persiapkan fisik anda dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi vitamin secara teratur.

3. Siapkan perlengkapan touring

Perlengkapan touring sangat diperlukan untuk menjaga dan melindungi tubuh agar tetap prima, berikut adalah perlengkapan yang perlu dipersiapkan :

perlengkapan touring

  • Jaket : Gunakan jaket yang dapat menjaga anda dari terpaan angin, gunakan jaket yang sedikit tebal atau jaket khusus touring yang memang bahannya sudah dipersiapkan khusus untuk digunakan dalam jarak jauh.
  • Rompi tambahan : Gunakan rompi tambahan jika perlu untuk melindungi anda dari terpaan angin dan kondisi dingin pada malam hari
  • Sarung tangan : Gunakan sarung tangan dengan bahan yang dapat melindungi tangan anda dari angin, hujan, dan kondisi emergensi lainnya, jika perlu gunakan sarung tangan dengan protektor.
  • Sepatu : Gunakan sepatu yang dapat melindungi sampai dengan mata kaki, gunakan sepatu dari bahan yang kuat yang dapat melindungan anda jika terkadi kondisi emergensi.
  • Helm Full Face : Gunakan helm fulface yang dapat melindungi kepala anda jika terjadi keadaan yang tidak diinginkan atau kondisi emergensi lainnya, tidak diperbolehkan untuk menggunakan helm half face dikarenakan tidak dapat melindungi bagian depan secara sempurna jika terjadi benturan.
  • Penutup hidung : Gunakan penutup hidung yang dapat melindungi anda dari debu maupun polusi.
  • Jas hujan : bawalah Jas hujan sebagai persiapan jika terjadi hujan dan sangat tidak dianjurkan menggunakan jas hujan model ponco dikarenakan alasan keamanan.
  • Perlengkapan tambahan lainnya : Jika diperlukan gunakanlah protektor baik protektor badan, tangan dan kaki untuk melindungi tubuh jika terjadi benturan atau keadaan emergensi lainnya.

4. Pelajari kondisi dan Rute perjalanan

peta jawa barat

Cek dan pelajari rute yang akan dihadapi, hal ini sangat penting untuk menentukan spot spot atau tempat beristirahat, Pom bensin dan bengkel jika terjadi kondisi emergensi.

5. Siapkan Tools, Obat-obatan dan perlengkapan P3k

tools dan p3k

persiapan touring lainnya yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan Tools, obat obatan dan perlengkapan P3K untuk digunakan jika terjadi keadaan emergensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *